Sekilas Tentang Generasi Pertama HIMATIKA IAIN KUDUS


      Pada Musyawarah Mahasiswa (MUSMA I) HIMATIIKA IAIN Kudus yang dilaksanakan 31 Januari 2019 kemarin, pengurus HIMATIKA IAIN Kudus periode 2018 menyampaikan laporan pertanggung jawaban dihadapan segenap anggotanya, mahasiswa progam studi tadris matematika IAIN KUDUS. Alhamdulillah acara tersebut dapat berjalan lancar dan laporan pertanggung jawaban dari pengurus HIMATIKA IAIN KUDUS dapat diterima dan disahkan.

      Ada banyak hal yang disampaikan pada acara LPJ tersebut. Yang pertama terkait bagaimana kondisi internal HIMATIKA IAIN KUDUS. Berikutnya tentang kondisi eksternalnya. Dalam MUSMA edisi perdana ini juga dilaporkan bagaimana kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan oleh departemen – departemen yang ada di kepengurusan HIMATIKA IAIN KUDUS periode perdana ini.

A. Kondisi internal HIMATIKA IAIN KUDUS terdiri kondisi internal anggota dan kondisi internal pengurus.
1.   Kondisi Internal Anggota
      Anggota dari HIMATIKA IAIN KUDUS berjumlah 185 mahasiswa. Terdiri dari 72 mahasiswa progam studi tadris matematika angkatan 2017 yang terbagi menjadi 2 kelas ( kelas A dan B )  dan 113 mahasiswa progam studi tadris matematika angkatan 2018 yang terbagi menjadi 3 kelas ( kelas A, B dan C ).

      Selama satu periode kepengurusan, kondisi internal anggota HIMATIKA IAIN KUDUS cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya komunikasi yang bagus baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi secara langsung kami lakukan dengan cara berdiskusi langsung dengan anggota melalui kegiatan sigma, kuadran, seminar pendidikan, buka bersama, dan pertemuan dalam kegiatan-kegiatan HIMATIKA IAIN KUDUS lainnya. Komunikasi secara tidak langsung kami lakukan melalui 2 grup Whatsapp yaitu grup SIGMA’18 dan grup TADRIS MTK IAIN 2017. Disini yang menjadi admin grup adalah pengurus himatika.

      Ada beberapa anggota yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan HIMATIKA IAIN KUDUS. Umumnya, hal ini disebabkan beberapa faktor. Yang pertama, karena mondok di pondok pesantren. Yang kedua, bekerja. Yang ketiga, karena mengikuti kegiatan organisasi lain yang waktunya bersamaan dengan kegiatan himatika.

2.   Kondisi Internal Pengurus
      Pengurus HIMATIKA IAIN KUDUS berjumlah 22 orang sebagaimana terlampir. Kondisi internal pengurus dalam kondisi baik. Pada rabu, 7 maret 2018 mahasiswa tadris matematika STAIN KUDUS  mengadakan musyawarah dan terpilih ketua beserta jajaran pengurus IKMATIKA STAIN KUDUS. Tanggal 7 maret kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya HIMATIKA IAIN KUDUS.   Pada 7 april 2018 ketika STAIN KUDUS berubah menjadi IAIN KUDUS, IKMATIKA STAIN KUDUS berubah menjadi HIMATIKA IAIN KUDUS dengan kepengurusan yang sama.

      Selama satu periode kepengurusan, kami telah berusaha dengan sebaik mungkin untuk melaksanakan amanah yang telah diberikan kepada kami. Kami melakukan koordinasi sebagai upaya mencapai  keberhasilan  setiap  amanah  yang diberikan.  Koordinasi dilakukan secara formal maupun informal. Koordinasi secara formal kami lakukan melalui kegiatan rapat. Sedangkan koordinasi informal dilakukan melalui Whatsapp. Namun dalam perjalanannya terdapat seorang pengurus yang mengundurkan diri dan digantikan dengan pengurus lain.

B. Kondisi Eksternal
      Selama satu periode kepengurusan, koordinasi eksternal dengan organisasi lain --baik di dalam kampus maupun di luar kampus-- dapat berjalan dengan baik. Di dalam kampus, kami berkoordinasi dengan himpunan mahasiswa prodi lain seperti HIMA BIOLOGI, HIMA IPA, HIMA IPS, dll.  Kami juga berkoordinasi dengan HMJ TARBIYAH IAIN KUDUS. Dan juga menjalin komunikasi yang baik dengan UKM UKK yang ada di dalam kampus kami. Di luar kampus, kami menjalin komunikasi dan bekerja sama dengan HIMATIKA atau HMJ MATEMATIKA dari kampus lain terutama kampus – kampus wilayah Kudus, Semarang, dan Salatiga.

      Pada  30 November sampai 1 Desember kami telah mengirim kontingen untuk mengikuti  MUSTAWIL IKAHIMATIKA wilayah IV Jateng – DIY di Purwokerto. Pada acara tersebut ada pembacaan SK anggota IKAHIMATIKA INDONESIA untuk HIMATIKA IAIN Kudus. Sejak saat itu resmi HIMATIKA IAIN KUDUS menjadi anggota IKAHIMATIKA INDONESIA.

      Ada 4 departemen dalam kepengurusan HIMATIKA IAIN KUDUS yaitu :
      1.    Departemen Internal, dengan progam kerjanya yaitu safari home gabungan, buka bersama bulan      ramadhan, KUADRAN (kuhadapi ujian dengan khataman qur’an), SIGMA (silaturrahim generasi matematika), seminar, dll.
      2.    Departemen eksternal, dengan progam kerjanya yaitu : mengadakan kerja sama “COMMATH” dengan UIN Walisongo Semarang, study banding ke HIMATIKA UMK KUDUS, ikut serta dalam kegitan MUSTAWIL serta kegiatan IKAHIMATIKA INDONESIA  yang lainnya.
      3.    Departemen PSDM (pengembangan sumber daya mahasiswa), dengan progam kerjanya yaitu : BIMA (bimbingan belajar matematika), Math Study Club (kelompok belajar matematika), seminar pendidikan, dll.
      4.    Departemen infokom (informasi dan komunikasi), dengan progam kerjanya yaitu : Pembuatan dan pengelolaan Media Sosial (Facebook, Instagram, dan Youtube) HIMATIKA, pengelolaan Website HIMATIKA IAIN Kudus, pembuatan desain, banner, pamflet kegiatan HIMATIKA IAIN Kudus, dll.

      Sebagai generasi pertama sekaligus generasi pendiri dari HIMATIKA IAIN KUDUS  masih banyak kekurangan yang kami miliki.Oleh karena itu, kami selalu berharap generasi penerus kami nantinya akan membangun HIMATIKA IAIN KUDUS menjadi lebih baik lagi.

HIMATIKA IAIN KUDUS

Dep.Infokom

Departemen yang mengurusi segala hal yang berhubungan dengan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar :
1. Komentar Harus Sesuai dengan Artikel
2. Berkomentarlah Dengan Bahasa yang Baik dan Sopan
3. Dilarang Spam
4. Dilarang OOT (Out of Topic)
5. Dilarang Memasang Link Aktif
6. Dilarang Menghina, Sara, dan P*rn
7. Dilarang Promosi (Iklan)

Jika melanggar peraturan diatas, maka komentar akan kami hapus.